Indonesia Masuk Pasar Konstruksi Terbesar Dunia

September 2, 2015, okezone.com

JAKARTA – Indonesia dinilai menjadi salah satu pasar konstruksi terbesar di dunia. Lantaran pengaruh peningkatan biaya investasi pemerintah dan swasta. Untuk kawasan ASEAN, Indonesia tercatat sebagai pasar jasa konstruksi terbesar dengan nilai USD 267 miliar di cakupan wilayah Asia.

Bahkan, Indonesia termasuk dalam peringkat keempat di bawah China USD 1,78 triliun, Jepang USD 742 miliar, dan India USD 427 miliar.

Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Yusid Toyib, mengungkapkan salah salah satu tantangan terbesar Indonesia dalam waktu dekat di antaranya dengan mengintegrasikan salah satu tantangan terbesar Indonesia dalam menghadapi liberlisasi perdagangan barang dan jasa, termasuk diantaranya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

“Pemerintah akan memperkuat para penyedia jasa konstruksi nasional sehingga mereka dapat bersaing dengan negara lain, baik dari sisi manajerial dan kapabilitas dengan mendorong Badan Usaha untuk menjadi spesialis.”, tutur Dirjen Bina Konstruksi, Yusid Toyib dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (21/8.2015).

Sementara itu, pemerintah harus terus mendorong sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Indonesia, baik dari sisi teknologi, konstruksi, maupun teknis konstruksi lainnya.

“Indonesia saat ini harus mengadopsi dan mempelajari teknik teknologi baru di semua jenis konstruksi bangunan termasuk penggunaan material dan peralatan.”Jelas dia.

Sehingga diharapkan ketahanan masyarakat jasa konstruksi dalam negeri mampu menghadapi pasar kompetitif baru yang akan memberikan dampak signifikan terhadap kondisi jasa konstruksi nasional.

 

Supporting Partners

Sponsored by