Pemerintah Kucurkan Rp 6 Triliun Untuk Infrastruktur Papua

May 13, 2015, SISPRO.co.id

Jayapura: Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan jembatan layang Hamadi-Holtekam, di Jayapura, Sabtu, 9 Mei 2015.

Khusus untuk pembangunan jembatan layang ini, dana yang dibutuhkan Rp 1,5 triliun. “Dana tersebut berasal dari pemerintah pusat Rp 900 miliar, pemerintah provinsi dan Kota Jayapura Rp 600 Miliar,” ujar Presiden.

Menurut Menteri Basuki, jembatan layang ini diperkirakan selesai pada 2018. Di sisi lain, Basuki menjelaskan bahwa pemerintah pusat mlalui kementerian PUPR telah menganggarkan dana infrastruktur untuk Provinsi Papua sebesar Rp 6 triliun pada tahun ini.

Dengan rincian, untuk pembangunan jalan dan jembatan sebesar Rp 4,7 triliun, pembangunan irigasi Rp 600 miliar, sanitasi pemukiman dan air minum Rp 400 miliar serta pembangunan perumahan Rp 300 miliar. “Untuk perumahan lebih diprioritas khusus untuk anggota TNI dan Polri,”tutur Basuki.

Disamping itu pemerintah juga mengucurkan dana pembangunan fasilitas PON Rp 10 trilliun dan pembangunan pasar. Termasuk juga menargetkan pembangunan jalan trans Papua sepanjang 3,985 kilometer maksimal akan selesai 2019.

Seperti diketahui, jembatan layang yang menghubungkan Kawasan Hamadi, Distrik Jayapura selatan dengan kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura tersebut sudah diperkuat dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pemerintah Provinsi Papua dengan Kementerian Pekerjaan Umum beberapa waktu lalu.

Berdasarkan kesepakatan, bangunan ini meliputi jalan akses sepanjang 1,322 meter dan jembatan utama dengan panjang bentang 400 meter. Ditambah lagi dengan jembatan pendekat sepanjang 342,2 meter.

Merauke Dipersiapkan Lumbung Pangan Nasional dan Dunia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mendukung penuh program Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Merauke, Papua, sebagai lumbung pangan di tingkat nasional bahkan dunia.

guna mewujudkan program tersebut, demikian Basuki menegaskan, kementeriannya akan membangun infrastrukjtur dasar untuk lahan persawahan hingga 1,2 juta hektare di merauke. Kemeterian PUPR melalui Dirjen SDA akan menyiapkan sarana prasarana dasar seperti embung untuk menampung air. “Kita buat saluran air untuk tampung hujan, supaya nanti bisa dipompa dan disalurkan ke irigasi,” Kata Basuki Hadimuljono, Minggu (10/5/2015)

Perlu diketahui, kementerian PUPR sudah membangun beberapa oenamoungan aur du Merauke. Tahun ini akan dibangun lahan 7,000 hektar, dan untuk itu akan dibangun infrastruktur air dalam 3 tahun. Sebelumnya sudah dibangun 120.000 hektare lahan sawah di sana. Menurut Basuki, Kementeriannya akan menggenjot pembangunan infrastruktur dasar untuk lahan hingga 1,2 juta hektar di Merauke.

Dalam kesempatan berkunjung ke Merauke, minggu (10 Mei) Presiden Jokowi melakukan penanaman padi menggunakan mesin tanam (transplanter)

Jokowi mengatakan Merauke memiliki potensi lahan sangat luas yang bisa dimanfaatkan untuk kawasan persawahan. Pemerintah akan memberikan bantuan berupa benih, pupuk, dan traktor untuk mendorong supaya Merauke meningkatkan produksi beras.

Sumber berita: http://www.pu.go.id/berita/10187/Pemerintah-Kucurkan-Rp-6-triliun-untuk-Infrastruktur-Papua

Supporting Partners

Sponsored by