Proyek Baru PU-PeRa Senilai Rp 6 Triliun

February 18, 2015, Bisnis Indonesia

Bandung – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menggelontorkan Rp. 6 Triliun untuk membuat bendungan dan situ pada tahun ini.

Untuk di Jawa Barat aka nada 22 tempat yang dapat dibuat Situ atau Embung. Kementerian PU-Pera menargetkan untuk merevitalisasi situ-situ yang sudah ada sebelumnya dan membuat situ di lahan yang tersedia.

“lebih banyak (situ) lebih baik. Sekarang ini, makin ditunda makin dikusasi permukiman, makin susah dibikin,” ujar Menteri Basuki Hadimuljono, Selasa (17/2).

Selain itu, kementerian itu juga tengah menggodok program penanganan banjir di Bandung Selatan.

Basuki memaparkan normalisasi Sungai Citarum yang dilakukan sebelumnya ternyata tidak cukup efektif menangani banjir di Bandung selatan.

“Tahun-tahun lalu sudah mengeruk Citarum dengan anggaran besar senilai Rp.1,4 Triliun ternyata efektifitasnya hanya dua tahun. Baleendah tidak banjir setelah dikeruk, setelah dua tahun banjir lagi seperti sekarang,” ujarnya.

Menurutnya, dalam penanganan banjir tidak hanya cukup pengerukan karena sedimentasi di hulu tinggi.

“Sekarang pemerintah akan coba membebaskan 5 hektar Cienteung untuk dijadikan seperti situ, tapi untuk banjir bukan diisi airnya, dikosongkan terus. Ketika banjir terisi, setelah surut baru di pompa pelan-pelan biar surut,” ujan Basuki.

Sementara itu, Plt Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Mudjiadi menjelaskan kementerian telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 152 Miliar untuk realisasi program penanganan banjir Bandung Selatan.

Menurutnya ada 3 penanganan program pada tahun ini, yaitu pengerikan Sungai Citarum, pembuatan Polder atau retention basin, serta membuat sodetan dari sungai Cisangkuy langsung ke Citarum.

“Tender sodetan Sungai Cisangkui dilakukan tahun ini,” tambahnya.

Pembangunan sodetan ini dimaksudkan untuk mengurangi debit air di Cisangkuy dengan mengalirkannya melalui sodetan langsung ke Citarum.

Supporting Partners

Sponsored by