SCG Jual Beton Online

March 10, 2017, Bisnis Indonesia

  1. SCG Readymix Indonesia bekerja sama dengan Blibli.com memasarkan beton siap pakai secara daring.

Presiden Direktur PT. SCG Readymix Indonesia Nantapong Chantrakul mengatakan penjualan beton secara daring merupakan cara SCG Readymix berekspansi secara ritel.

“Kami biasanya hanya menjual offline atau business to business. Sekarang bagaimana kami bisa masuk ke bisnis ritel,” katanya, Kamis (9/3).

SCG menjual tipe produk Jayamix melalui Blibli.com, yaitu produk beton siap pakai dan beton instan. Produk beton siap pakai diantarkan ke konsumen dalam bentuk cair menggunakan truk pengaduk beton, sedangkan beton instan dikirim dalam bentuk kering dalam kemasan.

SCG Readymix tidak menetapkan target volume penjualan yang spesifik bagi produk yang terjual lewat daring. “Kami baru mulai tahun ini. Di awal penjualan, kami tidak fokus kepada volume tetapi memberikan hal baru kepada pelanggan,” kata Chantrakul.

Vice President Director PT. SCG Readymix Indonesia Surachai Chobsri mengatakan sistem penjualan lewat daring menambah jalur penjualan langsung produk Jayamix ke pelanggan.

Pasar penjualan langsung saat ini mencakup 20% dari penjualan produk Jayamix, sedangkan 80% sisanya merupakan penjualan business to business atau berbasis proyek.

Chobsri mengklaim respons pelanggan sepanjang Februari, bulan pertama pemasaran Jayamix lewat Blibli.com cukup positif. Sekitar 200 meter kubik produk Jayamix telah laris terjual lewat daring.

Sementara itu, Head of Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan, mengatakan volume penjualan tersebut diatas ekspektasi. “Ini sudah dibilang lumayan untuk tahap awal. Jadi kami melihat ini adalah peluang yang bagus. Inovasi menawarkan sesuatu yang baru,” katanya.

Lay memastikan proses penjualan Jayamix lewat Blibli.com sama sederhananya dengan pembelian produk lain. Pengguna Blibli.com bisa melakukan pemesanan secara tunai atau kredit lewat situs atau aplikasi.

Tim dari SCG Readymix kemudian akan melakukan survei untuk memastikan lokasi proyek bisa dilalui truk pengaduk beton dan menyepakati waktu pengiriman dengan pelanggan.

“Paling lama dua hari kerja, tim dari SCG akan menghubungi pelanggan. Mereka survei apa bisa pakai truk besar atau truk kecil dan segala macamnya. Kami mencoba se-seamless mungkin,” kata Lay.

  1. SCG Readymix Indonesia adalah salah satu anak usaha SCG Group asal Thailand, di Indonesia. Perusahaan pemasok beton siap pakai tersebut memiliki kapasitas produksi 6 juta meter kubik per tahun.

Seluruh pasokan semen ke SCG Readymix dipasok oleh PT. Semen Jawa, pabrik semen berkapasitas 1,8 juta ton milik SCG yang berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat.

Chantrakul mengatakan sekitar 30% dari volume produksi Semen Jawa diserap sebagai bahan baku semen siap pakai oleh SCG Readymix. Dia berharap tahun ini penjualan SCG Readymix bisa meningkat 2% – 3% dan turut mendorong utilisasi produksi Semen Jawa yang tahun lalu berkisar 50% – 60% dari kapasitas produksi terpasang.

Supporting Partners