Concrete Show South East Asia

11 - 14 SEPTEMBER 2024

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Resmikan Bendungan Cipanas, Wapres Harap Dongkrak Ekonomi Lokal

Concrete Show South East Asia > News > Resmikan Bendungan Cipanas, Wapres Harap Dongkrak Ekonomi Lokal

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengungkapkan, Bendungan Cipanas mampu menyuplai air untuk irigasi 9.273 hektare lahan pertanian di Cipanas, Sumedang, Jawa Barat.

Hal ini disampaikan Wapres saat meresmikan Bendungan yang terletak di dua kabupaten, tepatnya di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu dan Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.

“Bendungan ini akan menyediakan berbagai fungsi pemenuhan kebutuhan masyarakat, mulai dari sumber irigasi pertanian, sumber air baku, pengendali banjir dan pembangkit listrik,” kata Wapres di Bendungan Cipanas, Selasa (9/7/2024).

Wapres menyebut Bendungan Cipanas juga dapat membantu meningkatkan intensitas tanam dan produktivitas lahan pertanian di wilayah sekitarnya. Tidak hanya itu, Bendungan ini dinilai bisa berpotensi untuk dijadikan daerah wisata baru.

Oleh sebab itu, Wapres pun meminta pemanfaatan Bendungan Cipanas dapat dirasakan sebesar-besarnya oleh masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Sumedang, Indramayu dan sekitarnya.

Read more…

Source: nasional.kompas.com