Concrete Show South East Asia

10 - 13 SEPTEMBER 2025

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Ajang IEE Series 2024 PT Pamerindo Simbolis Sertakan Perlindungan Program BPJS Ketenagakerjaan Kepada 298 Pekerja Rentan

Concrete Show South East Asia > News > Ajang IEE Series 2024 PT Pamerindo Simbolis Sertakan Perlindungan Program BPJS Ketenagakerjaan Kepada 298 Pekerja Rentan

KBRN, Jakarta: Ajang Indonesia Energy and Engineering (IEE) Series 2004 PT Pamerindo Indonesia menyerahkan secara simbolis 298 pekerja rentan terima perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan di JIEkpo Kemayoran, Jakarta Pusat (12/09/2024).

Pameran Indonesia Energy and Engineering (IEE) Series 2004 yang dilaksanakan PT Pamerindo Indonesia mengusung tema “Advancing Industrial Sustainability,” bertujuan mendorong terwujudnya perkembangan industri berkelanjutan di Indonesia menuju Indonesia Emas 2045 melalui kolaborasi lintas sektor, serta pelibatan pemerintah, institusi pendidikan, asosiasi, dan komunitas.

Sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, pameran tersebut juga fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), penguasaan teknologi, serta transformasi infrastruktur industri.

Dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia, salah satu point penting adalah mendukung program Pemerintah terwujudnya universal coverage perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan kepada pekerja Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Senior Manager HR Business Partner PT Pamerindo Indonesia Esti Purwanti bersama Senior Event Manager PT Pamerindo Indonesia Hanung Hanindito menyerahkan secara simbolis sebanyak 298 pekerja rentan menerima perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan.

“PT Pamerindo Indonesia secara konsisten terus mendukung program Pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan jaminan sosial kepada pekerja rentan dan pekerja mandiri bukan penerima upah, hal ini sebagai bentuk kepedulian dan sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu bekerja keras dan bebas cemas atas risiko yang mungkin terjadi dalam bekerja,” kata Esti.

“Saat ini PT Pamerindo Indonesia berkolaborasi mengajak berbagai pihak untuk turut peduli terhadap perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan para pekerja rentan, pekerja mandiri atau pekerja BPU (Bukan Penerima Upah) yang ada di sekitar mereka dengan mendaftarkan kedalam perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan,” tambah Hanung.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang  Jakarta Gambir, Mias Muchtar, mengatakan, “Dengan adanya perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan, tenaga kerja dapat bekerja keras dan bebas cemas sehingga akan meningkatkan produktivitas dalam bekerja dan daya saing industri serta dapat meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya”.

Jika pekerja mengalami risiko bekerja seperti kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan lainnya maka sudah terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan dengan pemberian manfaat program untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Selain itu saat ini BPJS Ketenagakerjaan sudah mengembangkan aplikasi layanan Jamsostek Mobile (JMO) yang dilengkapi berbagai fitur-fitur dengan tujuan untuk memudahkan peserta yang dapat diakses kapanpun dan dimana saja.

“JMO dirancang untuk ramah dan mensupport kehidupan para pekerja hal itu terbukti dengan adanya fitur untuk pendaftaran program SERTAKAN, pengajuan klaim layanan program, kanal informasi pusat layanan kecelakaan kerja,  informasi terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan, pinjaman uang, akses TV, kepemilikan dan renovasi rumah pekerja, investasi dan masih banyak fitur-fitur lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, Mias Muchtar, menjelaskan, layanan Jamsostek Mobile (JMO), layanan ini merupakan aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan yang diperuntukkan untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam menikmati layanan dan informasi dari BPJS Ketenagakerjaan.